Tutup Tahun dan Purna Siswa Kelas VI

Pada hari Sabtu 10 Juni 2017, SD Negeri Sukosari menggelar acara rutin yang dilakukan setiap tahun sebagai ungkapan syukur atas kelulusan siswa kelas VI dan berakhirnya tahun akademik 2016/2017. Acara tersebut bertakjuk yaitu “Tutup Tahun dan Purna Siswa Kelas VI” yang dimulai pada jam 16.00 dan diakhiri dengan buka bersama. Dalam acara tersebut hadir pihak sekolah (guru dan karyawan), siswa dan orang tua siswa kelas VI, dan perwakilan komite sekolah. Acara tersebut berjalan dengan khidmat dan gembira dalam suasana yang cerah dengan rangkaian acara sebagai berikut.

  1. Pembacaan susunan acara oleh Bapak Marwata, S.Pd.
  2. Menyanyikan lagu secara bersama-sama oleh siswa-siswi kelas VI (Indonesia Raya, Hymne Guru, Wajib Belajar, dan Syukur).
  3. Sambutan dan penjeasan dari kepala sekolah yang disampaikan Bapak Haryana S.Pd.I.
  4. Pentas Tari Candik Ayu oleh siswi-siswi kelas V.
  5. Pamitan siswa-siswa kelas VI.
  6. Sambutan dari Komite Sekolah yang disampaikan oleh Bapak Ambyah, S.Pedal.
  7. Pentas tarian 2 tarian dansa.
  8. Pembacaan 2 puisi.
  9. Pentas tari kreasi sendiri.
  10. Pembagian penghargaan kepada 3 siswa dengan nilai tertinggi.
  11. Penutup dilanjutkan buka bersama.

Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan bahwa semua siswa kelas VI lulus dengan nilai terendah yang sudah di atas standar kelulusan yang ditentukan. Pengumuman yang seharusnya dilakukan pada tanggal 16 Juni 2017, tetapi diinstruksikan oleh Dinas Pendidikan Sleman untuk dimajukan pada tanggal 9 Juni 2017. Nilai terendah untuk Bahasa Indonesia sebesar 52; Matematika sebesar 72,5; dan IPA sebesar 55. Sedangkan nilai tertinggi untuk Bahasa Indonesia sebesar 86,52; Matematika sebesar 87,4; dan IPA sebesar 90.Nilai rata-rata untuk Bahasa Indonesia sebesar 67,84; Matematika sebesar 55,8; dan IPA sebesar 71. Sedangkan nilai tertinggi untuk Bahasa Indonesia sebesar 86,52; Matematika sebesar 87,4; dan IPA sebesar 90. Secara keseluruhan, nilai terendah sebesar 160; nilai rata-rata sebesar 194,6; dan nilai tertinggi sebesar 259,5. Pada kesempatan tersebut diberikan penghargaan kepada 3 siswa dengan nilai tertinggi, yaitu:

  1. Laylina Annisa Rahma dengan nilai 259,5;
  2. Dinia Rahma Sukma Putri dengan nilai 258,5; dan
  3. Feby Lestari dengan nilai 245.

Angka-angka tersebut mengalami peningkatan yang cukup bagus jika dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Kepala sekolah berharap kepada semua siswa agar tetap melanjutkan sekolah hingga jenjang pendidikan yang dicita-citakan. Dalam acara tersebut, secara simbolis kepala sekolah mengembalikan tanggung jawab kepada orang tua siswa dan diterima kembali oleh orang tua siswa yang diwakili oleh komite sekolah. Disampaikan pula bahwa untuk tahun ajaran baru sudah mulai diberlakukan Kurikulum 13 untuk kelas I dan kelas IV. Semoga acara ini dapat dijadikan refleksi dan pemicu semangat untuk berkarya lebih baik lagi di masa yang akan datang.

GALERI FOTO









 

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s