Dengan Blog, Kita Motivasi Anak untuk Menulis

Oleh: Duddy Roesmara D &  Nurul Chotimah (Orang Tua Siswa SDN Sukosari)

Siang itu, anak kami yang bernama Salma mengatakan bahwa dia diminta oleh ibu guru untuk mengikuti lomba cipta puisi se-kecamatan. Dalam hati kami berfikir kok anak kelas satu sudah disuruh mewakili. Kami baru memahami setelah mendapat penjelasan dari ibu guru bahwa target dari mengikutkan Salma adalah sekerdar memberikan pengalaman yang harapannya di tahun-tahun berikutnya bisa mengikuti lomba serupa dengan lebih baik.

Alhamdulillah, Salma sudah dipercaya untuk mewakili sekolahannya meskipun batas peserta tertua adalah kelas empat. Akan tetapi, yang lebih penting bagi kami adalah mendapatkan momen untuk memotivasi Salma lebih dini untuk cinta menulis. Senang, tapi tunggu dulu…..Terot, yang menjadi permasalahan adalah bagaiamana mendampingi Salma belajar membuat puisi dalam tiga hari. Lha wong kami sendiri bisa dikatakan tidak pernah membuat puisi. Alhamdulillah, jadi belajar bareng Salma. Lalu, berselancarlah kami ke dunia maya dengan bantuan Mbah Google tapi tak kunjung menemukan solusi. Selanjutnya, pergilah kami ke toko buku untuk membeli buku contoh puisi bagi anak-anak. Dengan segala keterbatasan, akhirnya kami minta Salma untuk membuat prosa sepanjang tiga paragraf dengan tema desaku. Setelah itu, kami bertiga berdiskusi untuk membuat ketiga paragraf tersebut menjadi tiga bait puisi yang masing-masing terdiri dari empat baris. Langkah terakhir adalah mengatur rima dengan pola tertentu. Alhamdulillah, jadilah puisi hasil karya Salma dengan bantuan diskusi kami.

Kami berpikir, inilah momen yang tepat untuk membangkitkan kecintaan Salma untuk menulis setelah dulu pernah kami ikutkan pelatihan menulis untuk anak yang diselenggarakan sebuah penerbit buku Islami dalam rangka mengisi liburan sekolah. Untuk mendokumentasi dan membangkitkan motivasi kami membuat blog sebagai buku harian dan tempat menuangkan karya tulis Salma.

Blog sederhana yang berfungsi sebagai buku harian yang mudah diedit tampilannya. Kami berharap tidak saja menjadikan Salma lebih gemar menulis tetapi juga sebagai upaya meminimalkan dampak negatif internet. Kami berharap begitu Salma berinteraksi dengan internet maka yang dibuka adalah blog buku hariannya, bukan Youtube atau Playstore.

Demikianlah sedikit sharing kami. Semoga bermanfaat. Akhir kata, mari kita budayakan rajin menulis setelah kita rajin membaca. Dengan tulisan, ilmu pengatahuan dapat diikiat dan diwariskan sehingga bisa diharapkan menjadi amal jariyah kita.

This entry was posted in Orang Tua. Bookmark the permalink.

4 Responses to Dengan Blog, Kita Motivasi Anak untuk Menulis

  1. Fentin says:

    Buat mbak salma semoga jadi penulis yang hebat

    Liked by 1 person

  2. Intan says:

    Ayooo mbak salma lebih semangat lagi nulisnya. Wuiiih… g nyangka yaa mbak Salma ternyata jago nulis jugaa….

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s